Thursday, October 23, 2014

Ginger

[caption id="attachment_7184" align="alignnone" width="300"]ginger ginger[/caption]

Jahe


Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat bermanfaat dan efektif untuk melawan flu dan demam. Selain itu, jahe juga sering kali digunakan sebagai obat herbal dan bumbu masakan.


Kandungan nutrisi yang ada pada jahe adalah vitamin B6, potasium, magnesium. dan mangan, juga salah satu komponen utama bioaktif yang amat berguna bagi tubuh, yaitu gingerol. Gingerol ini bersifat antikoagulan, yang berarti dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah, mencegah tersumbatnya pembuluh darah penyebab stroke dan serangan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol.


Jahe dikenal sebagai antiinflamasi (antiradang) yang terutama sangat bermanfaat bagi orang tua karena dapat membantu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat rematik ataupun arthritis.


Manfaat jahe lainnya adalah memperlancar sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Beberapa penelitian menyatakan bahwa jahe dapat merangsang keluarnya hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar, dan hasilnya tubuh menjadi hangat. Dengan demikian, kerja jantung dalam memompa darah menjadi lebih ringan sehingga tekanan darah pun menurun. Di samping itu, jahe juga berfungsi sebagai pereda batuk, pengencer lendir, serta perangsang imunitas tubuh. Dan dalam kaitannya dengan antiaging, jahe sangat membantu mencegah terjadinya kerutan dan dapat mengencangkan kulit.

No comments:

Post a Comment