Wednesday, October 1, 2014

Scallop

[caption id="attachment_4024" align="alignnone" width="300"]kerang kerang[/caption]

Kerang


Kerang masih merupakan hidangan laut yang dihindari karena dianggap mengandung kolesterol tinggi. Kerang mengandung satu jenis steroid yang dulunya dianggap kolesterol.

Steroid adalah sejenis sterol yang hanya mempunyai sepertiga kemampuan untuk mengubah menjadi kolesterol dan sisanya untuk mencegah terjadinya kolesterol, mampu meningkatkan HDL, yaitu kolesterol yang baik yang dianggap anti-aterosklerosis.

Selain kandungan sterol, kerang mengandung protein dengan asam amino tirosin yang banyak dan apabila tirosin sampai ke otak akan merangsang kemampuan fisik seseorang dan meningkatkan semangat, disebut juga kerang adalah makanan untuk otak. Untuk peningkatan semangat dan kemampuan mental perlu mengonsumsi kerang 60-80 g sehari.

Kalau dilihat kerang sebagai sumber protein yang harganya relatif murah mengapa tidak kita manfaatkan dengan mengonsumsi kerang, lebih-lebih di daerah pantai yang mana tentunya akan jauh lebih murah.

Mengolah kerang rebus yang enak adalah merebusnya dengan menambahkan temukunci, bawang putih, dan garam. Rasanya sudah tentu enak dan mudah dikerjakan.

MEMILIH DAN MENYIMPAN KERANG:

Sebelum membeli dan menyimpan kerang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Kerang yang segar berwarna kuning kemerahan. Dagingnya elastis dan teksturnya halus.

  2. Tidak ada bercak hitam, tidak hancur, dan tidak bau.

  3. Biasanya kerang dijual dalam bentuk mentah maupun telah dimasak. Kerang mentah sebaiknya diolah lebih lama.

  4. Baik kerang mentah maupun matang jangan dibekukan karena akan menyebabkan kerang mudah hancur saat dimasak dan biasanya rasanya kurang enak. Kalau memang terpaksa harus mempergunakan kerang beku, lunakkan kembali kerang dengan merendamnya dalam air dingin.

  5. Bila kerang sudah dingin, sebaiknya masukkan ke dalam kantong plastik lalu simpan dalam lemari es.


MENGHILANGKAN RACUN:

  1. Makanan laut, terutama kerang kadang membuat kita keracunan. Salah satunya adalah karena racun yg ada dalam hewan tersebut. Anda bisa menghilangkan racunnya dengan cara merebusnya bersama sepotong arang.

  2. Tambahkan sepotong kecil arang ke dalam air rebusan kerang. Tentu saja kerang harus dibersihkan lebih dahulu. Sikat kulit kerang hingga betul-betul bersih dengan sikat gigi. Penyikatan ini sebaiknya dilakukan di bawah keran yang airnya mengalir.


LANGKAH-LANGKAH MEMBERSIHKAN KERANG:

  1. Kerok kerang untuk menghilangkan bagian yang sangat kotor.

  2. Cuci sambil sikat di bawah kucuran air.

  3. Rebus kerang di dalam air yg sudah dibubuhi sepotong kecil arang.

  4. Untuk membuka kerang, Anda dapat mencungkilnya dg pisau.



Tips:
• Anda merendam kerang dalam air soda selama lima menit, maka dagingnya akan lebih mudah dipisahkan dari kulitnya.
• Kerang akan lebih mudah dibuka jika terlebih dulu dicuci dengan air dingin, lalu letakkan dalam kantong plastik dan disimpan dalam freezer selama tiga puluh menit.
• Cara lain, rendam dalam air mendidih dan biarkan selama beberapa menit. Ini akan mengendurkan otot-otot kerang dan
membuatnya mudah dibuka dengan pisau atau pembuka botol.

No comments:

Post a Comment