Sunday, March 30, 2014

Bawang

Aneka Bawang


Orang yang tidak menyukai bawang tak mungkin jadi ahli masak, karena sulit bagi seorang koki untuk tidak memakainya. Nyatanya banyak orang yang tak menyukai bawang tidak menyadari bahwa kelezatan saus, setup atau acar yang sangat mereka sukai amat bergantung pada jumlah pemakaian bumbu yang tajam ini.

Bawang bombai atau bawang putih yang dicincang halus, atau daun prei iris yang segar menambah sedap rasa salad dan sandwich.

bawang bombai

bawang-bombay

Bentuknya sedang, citarasanya tajam dan bagus untuk memasak. Jika Anda ingin bawang yang kecil, kering dan lidak terlalu tajam, gunakan bawang merah. Enak dimakan mentah atau untuk membuat saus.
Yang lebih kecil adalah bawang kancing atau bawang acar yang dipakai secara utuh dalam masakan, atau untuk acar. Daun bawang enak untuk salad dan bawang merah bagus untuk menghias hidangan.

kucai dan prei

kucai

Hanya bagian daun yang dimakan. Ada yang berdaun tebal dan ada juga yang berdaun tipis. Kucai bagus untuk hiasan dan menambah rasa. Prei enak untuk sop, pie, quiche, dll. selain dimakan begitu saja. Yang muda rasanya manis, lembut dan dapal dimakan mentah.

Kucai mudah ditanam, sekalipun dalam pot. Tumbuhan ini ulet, dan bertumbuh cepat. Guntinglah secara teratur agar ujungnya lidak menjadi cokelat. Bunganya cantik, namun tak dapat dimakan. Bekukan potongan kucai dalam baki es dengan sedikit air, atau bekukan utuh dalam ikatan tanpa dipotong-potong. Jika dibekukan utuh, cincang dalam keadaan beku.

No comments:

Post a Comment