Saturday, March 8, 2014

Cara Membuat Soto

[caption id="attachment_851" align="alignnone" width="300"]soto-ayam soto-ayam[/caption]

Tips Membuat Soto yang Nikmat


Kunci kelezatan hidangan soto adalah kaldu yang baik, bercita rasa sari daging yang tajam (miroso) dan aromatik. Rahasia mendapatkan kaldu demikian, rebus kaldu dengan api kecil dan lama agar sari daging keluar. Soto lebih sering menggunakan kaldu ayam, tetapi bisa juga kaldu daging sapi atau jeroan.

Untuk membuat kaldu sebaiknya pilih ayam buras/kampung yang agak tua karena lebih beraroma. Hasilnya akan lebih bagus, karena pakannya berbeda dari ayam ras. Anda bisa memakai ayam utuh, bagian-bagian ayam, atau sisa-sisa tulang ditambah beberapa bagian ayam. Jangan masukkan hati ayam, karena kaldu akan menjadi keruh. Ampela boleh ditambahkan untuk memperkaya cita rasa. Agar kaldu tidak kental, hindari pemakaian kaki ayam terlalu banyak, sebab kaki ayam mengandung gelatin yang bersifat mengentalkan cairan.

Membersihkan
Untuk mendapatkan kaldu yang baik, kebersihan bahan juga harus diperhatikan. Cuci bersih 1 kg ayam utuh atau 1 kg bagian-bagian ayam, tulang-tulang, atau sisa-sisa potongan ayam. Jika ingin mengurangi lemak, buanglah kulitnya, atau ambil minyaknya yang mengambang di permukaan kaldu. Jika menggunakan punggung ayam, buang parunya (bagian hitam yang menempel pada punggung) dan cuci bersih, agar kaldu tetap jernih.

Merebus ayam
Taruh 1kg ayam/bagian ayam dalam panci. Tambahkan 2 batang daun bawang, 3-4 iris jahe, dan tambahkan 2 liter air. Masak hingga mendidih lalu kecilkan api. Angkat kotoran yang naik ke permukaan sebelum mendidih. Biarkan rebusan tetap di atas api kecil, air bergolak perlahan, selama 1 ½ jam. Ukur kaldu sejumlah 1,5 liter.

Menyaring kaldu
Angkat kaldu dari atas api, biarkan beberapa menit hingga mengendap. Siapkan saringan yang dilapisi kain bersih, saring kaldu perlahan-lahan sehingga diperoleh kaldu yang bening dan jernih.

Cara lain:

Bahan:
1 kg bagian-bagian ayam yang bertulang (punggung, leher, tulang rongga badan, kaki, sayap)
1 butir bawang bombai
3 batang seledri
1 batang daun prei
6 butir merica bulat (pecah kasar)
1 lembar bayleaf
2 liter air

Cara membuat:
Rebus semua bahan hingga mendidih dengan api sedang. Buang kotoran selama 30 menit pertama. Kecilkan api sampai kaldu bergolak perlahan. Rebus selama 1,5 – 5 jam. Saring, dinginkan.

Kaldu ayam untuk masakan Cina
Untuk kaldu masakan Cina, kaldu ayam bisa dibuat dari bagian-bagian ayam yang bertulang (leher, punggung, dsb), tetapi lebih enak jika dibuat dari 1 ekor ayam utuh. Kaldu ini bisa dipakai untuk kuah mi ayam, sup bakso, nasi tim, dan aneka masakan Cina lainnya.

Untuk 1,5 liter kaldu

Bahan:
1 kg bagian-bagian ayam yang bertulang atau ayam utuh
2 batang daun bawang, ambil putihnya saja
4 iris tipis jahe
2 liter air

Cara membuat:
Taruh semua bahan dalam panci. Didihkan lalu kecilkan api, masak selama 1,5 – 2 jam. Selama itu, buang kotorannya.

Menyiapkan Pelengkap Soto

Hidangan soto biasanya disertai pelengkap seperti daun bawang, seledri, jeruk nipis, bawang goreng, kedelai goreng, kentang goreng, sayuran, soun, dan sambal. Bahan pelengkap ini perlu disiapkan sebelumnya.

Daun bawang, seledri, dan jeruk nipis
Daun bawang, ambil bagian putihnya, cuci lalu iris tipis-tipis. Seledri, ambil daunnya, iris halus. Iris jeruk nipis membujur, buang bagian tengahnya. Agar tampil cantik, potong jeruk nipis seperti bunga.

Bawang goreng dan kedelai goreng
Agar bawang goreng renyah dan tidak hitam, iris tipis bawang merah, taburi garam, bilas dengan air. Tiriskan dan angin-anginkan, lalu goreng dalam minyak panas dengan api sedang. Angkat menjelang kekuningan, jangan tunggu sampai kuning karena bawang akan gosong. Tiriskan, keringkan dengan serbet, goreng dalam minyak yang banyak dan panas. Angkat setelah kekuningan, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup. Jika Anda ingin melengkapi soto dengan kedelai goreng, rendam kedelai selama 1 jam, tiriskan, goreng hingga kekuningan dan kering.

Kentang goreng
Pilih kentang tua. Hindari menggunakan kentang potato chip kemasan yang siap saji, karena rasa dan penampilannya berbeda. Kupas kentang, potong menjadi 4, iris tipis, rendam dalam air agar tidak kehitaman. Menjelang digoreng, tiriskan, keringkan dengan serbet, goreng dalam minyak banyak dan panas. Angkat setelah kekuningan, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup. Jika kentang goreng kurang renyah, goreng sekali lagi dalam minyak panas di atas api sedang.

Sayuran dan soun
Taoge dan kol biasa digunakan sebagai pelengkap soto. Bersihkan taoge dari akar dan kulit bijinya. Iris halus kol. Celupkan kol dan taoge dalam air mendidih selama 2-3 menit. Celupkan soun dalam air mendidih sampai lemas, angkat, tiriskan.

Sambal
Sambal untuk soto sangat sederhana. Rebus/kukus cabai merah atau cabai rawit, haluskan. Bila suka, tambahkan sedikit cuka/air jeruk.

No comments:

Post a Comment