Sunday, August 23, 2015

Mengolah Ubi Ungu

[caption id="attachment_7996" align="alignnone" width="300"]ubi-ungu ubi-ungu[/caption]

Ubi jalar ungu (Ipomea batatas poiret) kini banyak peminatnya. Pasalnya nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar ungu sa- ngat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Banyak varietas ubi jalar, sepeti ubi jalar putih, kuning, dan ungu.


Komposisisi zat gizinya hampir sama, namun varietas ubi jalar ungu lebih kaya akan kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 g. Ratusan kali lipat dari kandungan vitamin A bit dan 3 kali lipat dari tomat.


Setiap 100 g ubi jalar ungu mengandung energi 123 kkal, protein 1.8 g, lemak 0.7 g, karbohidrat 27.9 g, kalsium 30 mg, fosfor 49 mg, besi 0.7 mg, vitamin A 7.700 SI, vitamin C 22 mg dan vitamin B1 0.09 mg. Kandungan betakaroten, vitamin E, dan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler.


Ubi juga kaya akan karbohidrat dan energi yang mampu mengembalikan tenaga. Kandungan serat dan pektin di dalam ubi jalar ungu sangat baik untuk mencegah ganguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon.
Selain kandungan nutrisinya, ada alasan lain mengapa Anda harus lebih memilih ubi jalar ungu, yaitu:


Unik
Ubi jalar ungu merupakan jenis ubi yang jarang Anda jumpai bahkan di Indonesia. Jenis ubi ini merupakan makanan yang dapat dikonsumsi sebagai variasi dalam diet Anda. Daripada memilih mashed potatoes untuk makan malam Anda, ada baiknya memilih mashed ubi jalar ungu yang lebih penuh warna dan tidak membosankan.


Nikmat
Rasa dari ubi jalar ini mirip dengan saudaranya, yakni ubi jalar kuning yang manis. Namun, rasa ubi jalar ungu lebih khas dan nikmat.


Rendah Kalori
Ketika Anda menjadikan ubi ini sebagai menu diet Anda karena keunikan dan rasanya yang nikmat, Anda juga tidak perlu khawatir dapat merusak tatanan diet mengingat rendahnya kalori yang terkandung dalam ubi jalar ini. Ubi jalar ungu hanya memiliki 123 kkal per 100 g.


Tinggi Serat
Alasan lain mengapa harus memilih ubi jalar ungu adalah tingginya serat yang terkandung dalam ubi ini. Satu ubi jalar ungu berukuran sedang memiliki 6 gram serat yang berguna untuk menstabilkan kandungan gula darah serta melancarkan pencernaan.


Variasi Olahan
Berbagai macam olahan berbahan dasar ubi jalar ungu ini memang nikmat dan sehat. Namun, bagaimanapun cara mengolahnya sebaiknya Anda memilih ubi yang bagus.


Ubi ungu yang agak tua akan lebih enak jika diolah, karena rasanya yang lebih manis dan legit.
• Pilih yang warnanya ungu sekali. Makin tua ubi, makin gelap warnanya.
• Pencet ujungnya. Kalau keras maka tandanya ubi sudah cukup tua.
• Iris sedikit ujungnya, jika ada bintik-bintik getah tandanya ubi masih muda.

No comments:

Post a Comment