Saturday, August 22, 2015

Tips Melapis Makanan dengan Tepung

3 Bahan Tambahan
Untuk menunjang adonan tepung yang Anda buat dan hasil gorengan semakin renyah, ada tiga bahan yang bisa ditambahkan.


Baking Soda
Baking soda (sodium bicarbonate) dapat membantu membentuk tekstur renyah. Pada saat pemanasan, baking soda akan melepaskan karbon sehingga terbentuk struktur yang tidak terlalu kuat (renyah). Namun, baking soda rentan terhadap panas. Karena itu, suhu adonan harus dijaga agar tetap dingin. Sebaiknya, gunakan air es untuk membuat adonan agar fungsi baking soda tidak rusak. Pengadukan yang terlalu lama menyebabkan gelembung terlalu banyak sehingga adonan menjadi lemah saat digoreng. Selain itu, hasil gorengan akan mekar, tetapi mudah berkerut dan tidak renyah.


Telur dan Susu
Telur, terutama kuning telur dapat digunakan sebagai pengikat adonan. Telur juga akan memberi rasa gurih. Namun, adonan akan berwarna kekuningan sehingga cenderung gelap setelah digoreng.


Penambahan susu dapat membuat struktur adonan menjadi lebih kuat. Susu juga bisa mengurangi warna kecokelatan akibat reaksi gula dengan panas. Untuk membuat adonan renyah, bisa digunakan susu bujbuk ataupun susu cair.


Air Soda Tawar
Adonan tepung yang biasa digunakan untuk membalut ikan, onion rings, kentang, tempura, atau ayam, ternyata akan menjadi lebih gurih, garing, dan renyah jika dicampurkan dengan air soda tawar. Gunakan air soda yang jumlahnya setara dengan tepung terigu dalam adonan.


10 Langkah Praktis


Cara Mencampur
Campur bahan kering terlebih dahulu seperti tepung, garam, baking soda, dan bumbu kering. Kemudian aduk rata. Setelah rata, tuang bahan cair. Dengan demikian, semua bahan dapat mudah tercampur rata.


Gunakan ballon whisk untuk mencampur adonan dan jangan diaduk terlalu lama agar tidak membuat gelembung udara semakin banyak dan hasil gorengan kempis.


Ukuran Sama
Potong-potong bahan makanan dengan ukuran yang seragam agar matang dengan waktu yang sama dan sempurna.


Cara Mudah Melapisi
Ada beberapa bahan yang sulit dilapisi dengan adonan tepung karena kadar air yang cukup tinggi, misalnya ikan dan hasil laut lainnya. Akibatnya, adonan tepung tidak melekat sempurna dan saat digoreng adonan tepung justru terlepas dari bahan makanan. Agar hal tersebut tidak terjadi, perhatikan hal berikut.


Sebelum dilapisi dengan adonan tepung, tiriskan dan tepuk-tepuk daging ikan dengan tisu atau lap bersih agar bagian luar dagingnya kering.




  1. Lapisi ikan dengan tepung terigu. Tepuk lembut agar tepung yang berlebih terlepas.

  2. Gulingkan daging ikan dalam adonan tepung. Lakukan step 2 dan 3 sekali lagi.

  3. Tata ikan di atas piring yang telah dialasi plastik.

  4. Simpan daging ikan dalam lemari es selama sekitar 30 menit. Sedikit pendinginan seperti ini akan membantu adonan tepung untuk menempel dengan baik pada daging ikan. Pastikan daging ikan tidak saling bertumpuk satu sama lain saat disimpan di dalam lemari es.


Adonan Tepung Harus Dingin
Dinginkan adonan tepung. Jangan mencampur tepung dengan air panas. Campurkan tepung dengan air dingin agar lapisan tepung lebih renyah.


Perhatikan Komposisi
Komposisi bahan antara tepung, air, dan bahan tambahan lain harus seimbang. Karena jika adonan terlalu kental, maka gorengan yang Anda buat tidak akan renyah. Sedangkan jika terlalu cair, makan adonan tepung tidak dapat melekat sempurna pada bahan makanan.


Gunakan Bantuan Sumpit
Gunakan bantuan sumpit saat melapisi adonan tepung agar tepung yang digunakan tidak menggumpal terlalu banyak dan hasil gorengan menjadi renyah.


Masukkan Bahan Bertahap
Jangan memasukkan bahan yang ingin Anda lapisi tepung sekaligus banyak ke dalam adonan tepung. Masukkan bahan satu per satu ke dalam adonan agar tepung yang menempel tidak terlalu banyak.


Perhatikan Suhu Minyak
Agar makanan yang digoreng dengan menggunakan tepung pelapis lebih renyah, perhatikan proses menggorengnya.


Perhatikan tingkat panas minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng. Suhu ideal kira-kira 170 derajat Celsius. Jangan terlalu panas karena akan mengakibatkan tepung lebih cepat gosong, tetapi bahan makanan belum matang. Jangan juga menggoreng dalam keadaan minyak belum panas, karena akan mengakibatkan tepung cepat melempem dan tidak garing.


Gunakan Minyak yang Cukup
Agar gorengan benar-benar renyah dan tidak berminyak, gunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng sehingga seluruh bagian terendam.


Segera Santap
Sebaiknya gorengan langsung disantap sesaat setelah matang. Namun, jika tidak habis, simpan gorengan dalam wadah kedap udara yang dialasi dengan tisu dapur atau kertas roti, agar tetap terjaga kerenyahannya.

No comments:

Post a Comment