Wednesday, August 13, 2014

Nugget

[caption id="attachment_2900" align="alignnone" width="300"]nugget nugget[/caption]

Nugget


Kehadiran makanan olahan, seperti sosis, corned, dan sardin, disambut hangat oleh masyarakat Makanan tersebut praktis dan sangat membantu, khususnya bagi yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak dan menyiapkan hidangan bagi keluarga Begitu pula ketika nugget muncul sebagai makanan olahan baru. Selain praktis, hanya perlu menggorengnya sebentar, nugget juga bisa menjadi stok di dapur untuk keperluan "darurat".

Nugget adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan pangan yang dihaluskan, dibumbui, dibentuk, dilapisi tepung roti/panir, dan bisa disimpan/diawetkan dengan cara dibekukan dalam freezer. Selain mengawetkan, pembekuan dalam freezer ini akan membuat tekstur nugget lebih kenyal dan lebih enak. Yang paling populer adalah nugget ayam (chicken nugget), tetapi saat ini Anda bisa menemukan aneka nugget yang terbuat dari ikan atau pun udang. Ada juga nugget yang bahan dasarnya tidak perlu dihaluskan, cukup dipotong-potong sesuai selera, direndam bumbu, lalu dilapisi tepung roti, seperti schnitzel atau katsu.

Tidak sulit mencari nugget di pasaran, bahkan di pasar-pasar tradisional pun kita bisa menemukannya. Walaupun mudah didapat, nugget buatan sendiri akan lebih istimewa. Membuatnya pun tidak sulit, karena selain bahannya mudah didapat. proses pembuatannya pun sederhana, yaitu dengan mengukus dan melapisi. Apalagi dengan membuat sendiri, Anda bisa menghasilkan berbagai variasi nugget, baik bahan dasarnya, bumbu maupun bentuknya. Buat Anda yang menghindari daging, Anda bisa memanfaatkan tahu/tempe sebagai bahan dasar nugget.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila membuat sendiri. Selain mutu terjamin, bervariasi, Anda pun bisa memanfaatkan kelebihan stok pangan Anda. Bahkan tepung roti untuk pelapisnya pun bisa Anda buat sendiri dari sisa roti. Setelah mahir dan menemukan resep yang pas, Anda bisa mengembangkannya menjadi suatu usaha rumahan yang menjanjikan.

Bahan dasar nugget
Untuk membuat nugget, ada beberapa bahan dasar yang perlu Anda siapkan.

Bahan utama:
Daging ayam: Pilih daging ayam bagian dada, karena dagingnya tebal. Terutama jika Anda ingin membuat nugget dari fillet tanpa dicincang.
Daging sapi: Pilih daging sapi bagian has dalam, dagingnya lebih lunak.
Ikan: Gunakan ikan kakap, ikan tenggiri, ambil dagingnya saja.

No comments:

Post a Comment