Friday, August 1, 2014

Paella Recipe

[caption id="attachment_2823" align="alignnone" width="300"]paella paella[/caption]

Paella


Bahan:
300 g udang kupas ukuran sedang
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
4 sdm minyak zaitun untuk menumis
200 g fillet dada ayam, iris ½ x 2 x 3 cm
1 buah cabai merah besar, iris 1 cm
1 sdm peterseli cincang
4 siung bawang putih, cincang
200 g beras
2 sdm air kunyit (¼ sdt saffron)
500 ml kaldu ayam
1 sdm air jeruk nipis
100 g kacang polong beku
100 g bawang bombai, iris membujur

Cara membuat:

  1. Aduk udang dengan garam dan merica bubuk. Panaskan 1 sdm minyak zaitun, tumis daging ayam sampai berubah warna (2-3 menit). Angkat, keluarkan dari wajan. Tumis cabai merah dan peterseli dengan sisa minyak dalam wajan. Aduk-aduk selama 1 menit, angkat, sisihkan.

  2. Panaskan 3 sdm minyak zaitun dalam wajan. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan beras. Aduk hingga rata. Masukkan air kunyit/saffron, kaldu, dan air jeruk nipis. Aduk rata. Tutup panci sambil sekali-sekali diaduk.

  3. Setelah mendidih, masukkan ayam. Kecilkan api. Masak selama 15 menit, lalu masukkan kacang polong, bawang bombai, udang, dan tumisan cabai. Tutup panci, kecilkan api, masak ± 10 menit sampai seluruh bahan masak.

  4. Angkat, diamkan selama ± 5 menit dalam panci bertutup. Supaya tidak bergumpal, uraikan dulu nasi dengan garpu sebelum dihidangkan. Hias sesuai selera.


Tip:
Kalau mau, Anda bisa memasak paella dengan rice cooker. Lakukan setelah step ke-3 (setelah ayam dimasukkan), setelah semua bahan dicampur. Tapi jangan coba-coba mematangkan dengan cara dikukus, karena akan mengurangi aroma khas paella.

untuk 4 orang

No comments:

Post a Comment