Thursday, May 29, 2014

Daging

[caption id="attachment_919" align="alignnone" width="300"]bagian-bagian-daging bagian-bagian-daging[/caption]

Bagian-bagian Daging


1. Leher
Dijual dalam bentuk dadu atau digiling. Sangat lezat dan menghasilkan kuah yang gurih bila digodok perlahan.

2. Clod
Digunakan seperti bagian leher.

3. Chuck (Paha Depan)
Dijual dalam kemasan dadu, disayat dan digiling. Perlu dimasak lama. Cocok digunakan untuk masakan empal, semur, sup, kari, dan abon.

4. Blade (Daging Punuk)
Daging paha ini memiliki banyak jaringan ikat sehingga lebih cocok digunakan untuk masakan yang memasaknya membutuhkan waktu lama. Dijual dalam bentuk potongan. Cara memasaknya dengan diungkep atau bentuk dadu untuk steak, empal, semur, dan isi pie.

5. Ribs (Iga)
Seluruh iga terdiri atas 13 potong. Tiga iga pertama bersambung dengan daging punggung dan tulang-tulangnya dihilangkan. Iga depan adalah empat iga pertama, biasanya dipanggang atau dimasak sekaligus dengan tulangnya. Tapi bisa juga dibuang tulangnya lalu digulung. Iga belakang adalah ketiga iga berikut. Tulangnya tidak besar tetapi rasanya sama sedapnya seperti iga depan. Iga samping adalah potongan yang besar, mahal, dan empuk, dengan tiga iga terakhir da sebagian lemusir.

6. Sirloin (Lemusir/has luar)
Potongan atas yang empuk yang bisa dipanggang dalam oven atau di atas api. Potongan yang mahal ini juga mencakup porterhouse, T-Bone, dan fillet steak.

7. Rump (Pantat)
Letaknya di sebelah sirloin di atas paha. Daging ini juga cocok untuk steak, dengan harga yang lebih murah, daging grill dan digoreng. Selain lunak, keharumannya pun cukup membangkitkan selera.

8. Topside dan Silverside
Topside adalah potongan tidak berlemak, sebaiknya dipanggang tidak terlalu matang (rare). Silverside (gandik) bisa dihidangkan segar atau diasin, dimasak poach, diungkep atau dipanggang perlahan-lahan.

9. Leg (Sengkel)
Dagingnya tidak berlemak, disayat atau dipotong dadu untuk dipakai dalam kaserol, semur, sup, atau rawon.

10 dan 11. Flank (Samcan)
Adalah daging yang berurat kasar dan harganya murah. Dijual dalam bentuk sayatan atau dadu. Digunakan untuk stew, kornet, rawon, atau soto.

12. Top Rib (Iga atas)
Tak berlemak, dijual tanpa tulang atau digulung diasin atau segar.

13. Brisket (Sandung Lamur)
Bagian perut bawah sapi ini adalah bagian daging yang paling beraroma, empuk, dan berlemak. Daging ini sangat baik dimasak lama. Daging sandung lamur cocok dimasak untuk kornet, sup, atau rawon.

14. Shin (Kaki Depan)
Dijual dalam bentuk dadu atau disayat. Daging ini memerlukan waktu masak yang lebih lama.

No comments:

Post a Comment