Sunday, May 11, 2014

Tips

[caption id="attachment_808" align="alignnone" width="300"]defrosting defrosting[/caption]

Cara Defrosting dan Membekukan Kembali Makanan


Makanan beku yang sudah leleh sebaiknya langsung dipakai, karena setelah meleleh, bakteri telah berkembang. Sebaiknya makanan dimasak tanpa dilelehkan (defrosting) atau mulai dimasak dalam keadaan setengah beku.

Makanan seperti ikan, ayam, dan daging sebaiknya dilelehkan perlahan di lemari es agar cairannya tidak keluar dan menjadi kering. kalau terburu-buru, melelehkan di ruangan bisa dipercepat dengan merendam makanan yang masih terbungkus di dalam air, atau dilelehkan menggunakan oven microwave. Makanan seperti roti dan kacang bisa keluar masuk freezer beberapa kali tanpa berkurang kualitasnya. Masakan mungkin perlu dibumbui lagi setelah dipanaskan. Rasa merica, bawang putih, dan vanili makin tajam bila dibekukan, tetapi garam menjadi semakin hambar. Bubuhkan bumbu yang tajam seperti cuka atau air jeruk nipis pada saat hidangan dipanaskan atau sesaat sebelum disajikan. Demikian juga santan atau sayuran segar.

Agar Cepat Beku
Jangan masukkan banyak makanan sekaligus ke dalam freezer karena pembekuannya membutuhkan waktu lama. Padahal makanan harus beku dalam 24 jam.

Taruh makanan baru di atas dasar atau menempel dinding freezer supaya cepat beku, jangan ditaruh di atas makanan yang sudah beku. Sebisa mungkin beri ruang sekelilingnya untuk perputaran udara. Setelah beku, susun kembali.

Tahan Berapa Lama
Makanan beku tidak menjadi busuk, hanya berkurang kualitasnya. Makanan masak seperti cake, kue kering, roti, kulit pastry (pie, puff) mentah, dan bahan mentah yang mudah terkontaminasi seperti daging cincang, ikan, daging babi, dan hati harus dimakan dalam waktu 3 bulan. Daging utuh mentah, buah, dan sayuran bisa bertahan hiugga 6 bulan. Kacang-kacangan kering, tepung, kopi, teh, dan sebagainya bisa tahan setahun, tanpa berbau apek.

Tip:
Jika Anda membeli makanan beku di pasar swalayan, perhatikan hal berikut:
- Pilih yang kemasannya masih bagus, tidak robek, atau cacat.
- Perhatikan tanggal kedaluarsa dan saran suhu penyimpanan.
- Minta agar dibungkus bersama es batu. Usahakan sepanjang perjalanan tidak terkena panas langsung.

Setelah sampai di rumah, langsung masukkan ke dalam freezer agar tidak mengalami terlalu banyak perubahan suhu penyimpanan.

No comments:

Post a Comment