Saturday, May 17, 2014

Tips

Tips Mengempukkan Daging



Meskipun daging paha agak keras, tidak berarti Anda tidak bisa memanfaatkannya untuk masakan lain selain direbus. Ada beberapa cara mengempukkan daging.

Rendam

[caption id="attachment_821" align="alignnone" width="300"]mengempukkan-daging-dengan-direndam mengempukkan-daging-dengan-direndam[/caption]

Cairan beralkohol (anggur minuman, cuka anggur, sherry, angciu), cuka dan jeruk nipis melunakkan serat. Rendam daging dalam perendam yang mengandung salah satu bahan tersebut.

Daun pepaya

[caption id="attachment_817" align="alignnone" width="300"]tips-mengempukkan-daging-dengan-daun-pepaya tips-mengempukkan-daging-dengan-daun-pepaya[/caption]

Memarkan daun pepaya, terutama tulang daunnya. Bungkus daging dalam daun pepaya. Biarkan selama I jam atau lebih lama sebelum dimasak. Papain vang ada dalam daun pepaya berfungsi sebagai pelunak serat daging.

Bahan pengempuk

[caption id="attachment_822" align="alignnone" width="157"]mengempukkan-daging-dengan-tenderizer mengempukkan-daging-dengan-tenderizer[/caption]

Terbuat dari sari getah buah pepaya atau daun pepaya. Ikuti petunjuk produsen agar daging tidak hancur dan tidak menjadi hambar.

Pemakaian secara umum: Campur daging yang sudah dipotong-potong dengan bahan pengempuk (1 sdm untuk 1 kg daging). Diamkan 2O menit, cuci sebelum dimasak.

Pukul

[caption id="attachment_827" align="alignnone" width="300"]mengempukkan-daging-dengan-dipukul mengempukkan-daging-dengan-dipukul[/caption]

Sering dilakukan, misalnya, pada saat membuat empal atau dendeng, untuk memutuskan serat-serat daging. Sebaiknya hindari karena sari daging bisa keluar. kalau perlu dipukul- pukul, lapisi daging dengan selembar plastik.

Dilayukan

Cara yang dianjurkan. Biarkan daging dalam lemari es selama 1-2 hari. Warna akan sedikit buram, tapi tidak berarti daging rusak. Rasanya pun tetap bagus. Ketika dimasak daging akan lebih empuk.

Nanas parut

[caption id="attachment_824" align="alignnone" width="300"]tips-mengempukkan-daging-dengan-nanas tips-mengempukkan-daging-dengan-nanas[/caption]

Bisa digunakan untuk mengempukkan daging, tetapi rasa daging akan berubah karena aroma nanas lebih kuat. Cuci dahulu sebelum dimasak.

No comments:

Post a Comment