Tuesday, June 24, 2014

Bebek

[caption id="attachment_1488" align="alignnone" width="300"]bebek bebek[/caption]

Bebek


Termasuk salah satu jenis unggas yang banyak digemari. Mirip ayam, tetapi dagingnya lebih liat/keras dan agak anyir. Di pasar swalayan tertentu dijual bebek impor beku dengan berat 1½-2 kg Daging bebek impor lebih enak dan empuk dibandingkan bebek lokal. Namun jika terpaksa memilih bebek lokal, buang kelenjar minyak di dekat ekor dan sebagian lemak yang terdapat dalam rongga perut agar dagingnya tidak terlalu anyir. Untuk mengurangi aromanya yang kurang "sedap", bebek seringkali diolah dengan bumbu dan rempah yang cukup banyak, misalnya dibuat bebek hijau, gulai atau dimasak ala Cina dengan tambahan jahe dan minyak wijen.


Cara Membersihkan Bulu Bebek
Setelah bebek disembelih, rendam dalam air mendidih selama 10 menit, angkat dan cabut/bersihkan bulu-bulunya. Kalau perlu, gunakan pinset untuk mencabut bulu-bulu yang halus, pegang leher dan kaki bebek, lalu putar-putar badannya di atas api sampai bulu halusnya habis terbakar.


Membuang kelenjar minyak
Buang kelenjar minyak di dekat ekor dan sebagian lemak yang terdapat dalam rongga perut. Bagian inilah yang menyebabkan bebek berbau anyir.

No comments:

Post a Comment