Friday, June 27, 2014

Lele

Menangani Lele


Lele bisa menjadi hidangan favorit keluarga. Dengan cara masak sederhana Anda dapat menyajikan hidangan lezat. Namun perlu penanganan khusus sebelum memasaknya.

Mematikan lele
Pilihlah lele yang masih segar dan hidup. Tetapi hati-hati menanganinya, karena lele memiliki patil di kepala yang membahayakan karena beracun. Hindari jangan sampai menusuk tangan. Cara mematikan lele: Taruh lele dalam wadah, taburi garam (4 sdm garam untuk 1 kg lele), diamkan 1 jam atau lebih (sampai lele mati). Atau pukul kepalanya dengan gagang pisau atau pemukul lainnya sampai mati. Kalau mengalami kesulitan, minta tolong pada tukang ikan untuk melakukannya.

Membersihkan lele
Untuk menghilangkan lendir, lumuri lele dengan abu gosok, lalu gosok-gosokkan sampai tidak licin lagi. Kalau tidak ada abu gosok, kerok leher dengan pisau. cuci di bawah air kran sampai bersih. Belah perutnya, keluarkan isinya, cuci lagi hingga bersih.

Memasak lele

Haluskan:
1 sdm ketumbar
1 siung bawang putih
2 cm kunyit
½ sdm garam

Cara membuat:
Bumbui 1 kg lele yang sudah dibersihkan, goreng dengan api sedang sampai matang dan agak kering. Angkat. Sajikan hangat bersama sambal dan lalap segar.

Tips menggoreng lele:
Sebelum digoreng, taburi lele dengan garam dan air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat. Lele pun tidak licin lagi dan siap digoreng.

No comments:

Post a Comment