Wednesday, June 25, 2014

Daging Kambing

Bagian-bagian Kambing


Hampir semua bagian kambing dimakan, mulai dari kepala, kaki hingga ekor, dari kulit luar hingga bagian dalam (jeroan). Masing-masing bagian rasanya berbeda, ada yang empuk, ada yang gurih dan kenyal.

Kepala
Bagian-bagian kepala yang biasa dimasak adalah kulit, otak, kuping, dan bagian lunak lainnya. Bagian ini sering diolah untuk sup, soto, gulai. Sebelumnya kepala dibakar di atas api untuk menghilangkan bulu, lalu diambil bagian yang lunak untuk diolah lebih lanjut.

Has Luar dan Has Dalam (Lulur)
Bagian yang paling berharga adalah daging has yang empuk dan sangat cocok untuk satai atau tongseng.

Paha Depan dan Belakang
Bagian yang paling banyak dagingnya adalah paha depan dan belakang. Daging paha belakang lebih empuk daripada paha depan. Bagian ini cocok untuk satai, dipanggang, gulai, atau sup.

Iga
Bagian ini biasanya dipotong-potong melintang untuk sup, soto, atau gulai.

Kaki
Cara membersihkan kaki sama dengan kepala. Kaki dibakar di atas api untuk membersihkan dan menghilangkan bulu-bulunya. Kaki yang sudah bersih dari bulu dipotong-potong untuk sup, soto, atau gulai.

Jeroan
Babat, usus, ginjal, dan hati kambing cocok untuk gulai. Cara membersihkan jeroan kambing sama dengan jeroan sapi. Bersihkan babat dengan air panas dan sedikit kapur, lalu kerok dengan pisau. Usus dibersihkan dari kotoran di dalamnya dengan air mengalir (air kran).

No comments:

Post a Comment