Monday, June 30, 2014

Mie

[caption id="attachment_1843" align="alignnone" width="300"]sejarah-mi sejarah-mi[/caption]

Sejarah Mi


Mi sudah lama dikenal di Indonesia. Meskipun asalnya dari Cina, banyak negara, terutama negara-negara Asia Tenggara telah mengembangkan aneka masakan mi ini. Laksa, mi medan, rujak mi, dan soto mi adalah beberapa hidangan mi rekaan Indonesia. Thailand punya mi siam dan puluhan masakan mi lain yang tidak bisa ditemukan di negara asalnya. Jepang apalagi, telah mengembangkan mi yang khas.

Di negara asalnya, mi sudah dibuat sejak abad ke-2, kira-kira 2.000 tahun lalu. Menurut catatan sejarah, pada zaman Dinasti Sung, yaitu tahun 960-1280, warung-warung mi telah populer.

Di Indonesia, mi makin populer setelah tahun 70-an. Waktu itu mulai dikembangkan industri mi yang modern. Kini mi telah menjadi makanan selingan favorit dalam bentuk mi instan. Mudah diperoleh, murah dan mudah dipadu padan dengan aneka daging, seafood, dan sayuran yang membuat mi menjadi makanan favorit yang sukar ditandingi.

Tip Memilih dan Menyimpan Mi
Mi diproduksi dalam bentuk kering dan segar (basah). Keduanya harus direbus atau dikukus dulu sebelum diolah lebih lanjut. Ciri mi yang bagus tidak hancur jika dimasak.

No comments:

Post a Comment