Tuesday, June 17, 2014

Tauco

[caption id="attachment_1307" align="alignnone" width="230"]taoco taoco[/caption]

Taoco


Hasil fermentasi kedelai yang dalam proses pembuatannya ditambahkan tepung beras, gula aren dan garam. Bentuknya seperti saus dengan butiran kedelai yang pecah-pecah, rasa dan aromanya sangat khas. Taoco cocok dipadu dengan aneka bahan seperti daging, seafood, tahu, tempe atau berbagai sayuran, seperti kangkung, terung atau buncis.

Terbuat dari kedelai putih, berasal dari Cina. Proses pembuatan taoco melalui dua macam fermentasi, yaitu fermentasi kapang dan fermentasi garam. Umumnya taoco berwarna kuning keputihan hingga cokelat. Yang terbuat dari kedelai hitam disebut taosi. Dalam masakan, keduanya berfungsi sebagai pembangkit rasa, terutama masakan sayuran seperti taoge goreng, tumis taoge, atau ikan taoco. Waktu membeli, pilih yang aromanya masih segar, khas, dan butiran kedelainya masih terlihat utuh. Setelah digunakan simpan dalam wadah tertutup di lemari es.

Dijual dalam kemasan botol kaca, tersedia dalam dua rasa, yaitu taoco asin dan taoco manis. Setelah dipakai, tutup rapat botol, simpan dalam lemari es. Hindari taoco yang sudah berjamur atau telah terpisah antara bahan cair dan padatnya.

No comments:

Post a Comment