Friday, December 26, 2014

Tips Membuat Ayam Goreng Tepung

[caption id="attachment_5754" align="alignnone" width="300"]tip-membuat-ayam-goreng-tepung tip-membuat-ayam-goreng-tepung[/caption]

Tip Membuat Ayam Goreng Tepung


Jenis ayam:
Gunakan ayam negeri agar cepat matang. Ayam kampung lama matangnya, sehingga harus digoreng lama. Akibat penggorengan lama tadi, ayam akan menjadi keras.


Bagian ayam yang enak untuk digoreng panir adalah paha, dada, atau sayap. Ayam boleh dilepaskan dulu dari tulangnya. Potong kecil atau tipis.


Tepung yang dapat digunakan untuk memanir adalah tepung terigu, tepung roti (halus atau kasar). Khusus untuk tepung roti yang kasar, harus dicampur tepung terigu agar mudah menempel. Ayam dapat juga dibalut dengan wijen, kelapa, havermut, atau cereal.


Tepung untuk memanir




  • Tepung terigu. Ini adalah pelapis yang paling sering digunakan. Renyah ketika panas, setelah dingin makin berkurang kerenyahannya. Tambahkan sedikit baking powder agar lebih renyah.

  • Tepung terigu ditambah sedikit tepung beras. Penambahan tepung beras tidak boleh banyak. Misalkan, untuk 200 g tepung terigu, cukup ditambah 1 sdm tepung beras saja. Penambahan yang banyak akan mengakibatkan balutan tepung jadi keras.

  • Tepung roti. Kini ada dua macam tepung roti, yang halus dan yang kasar. Yang halus kurang renyah, tetapi bisa menutup seluruh permukaan ayam. Yang kasar renyah, tapi tidak bisa menutup seluruh permukaan ayam.

  • Campuran tepung roti kasar dan tepung terigu bisa menutup seluruh permukaan dan renyah rasanya.

  • Tepung maizena. Tepung jagung ini bagus untuk bahan pelapis, tapi mahal harganya. Campur dengan tepung roti kasar atau cornflake yang dihaluskan untuk hasil yang lebih memuaskan.


Kesimpulan:
Gunakan larutan pencelup dari larutan tepung atau air es. Untuk tepungnya, gunakan campuran tepung terigu dan tepung panir kasar atau campuran tepung maizena dan tepung panir kasar, atau maizena dan cornflake.


Larutan Pencelup:
Agar tepung bisa menempel sempurna, ayam harus dicelupkan dulu ke dalam larutan pencelup sebelum digulingkan di atas tepung. Ini pilihan larutan pencelup:




  1. Telur utuh dikocok lepas. Ini akan membuat tepung menempel sempurna tetapi tidak renyah.

  2. Putih telur dikocok lepas. Ini akan membuat ayam sedikit renyah.

  3. Tepung terigu ditambah air es dan garam. Ketika masih panas, balutan tepung masih cukup renyah.

  4. Air es. Lebih renyah dibanding yang lain.


Cara menggoreng:


Supaya ayam matang sampai ke dalam, gunakan api kecil. Api besar membuat pelapis berwarna cokelat, tetapi belum matang sempurna.


Bila takut belum matang, iris daging ayam agak tipis. Selama digoreng, ayam tidak perlu terlalu sering dibalik atau disiram-siram agar balutan tepung tidak rontok.


Setelah matang, angkat ayam. Tiriskan di peniris. Jangan pindahkan di atas kertas kalau minyak belum tiris betul. Kertas akan menyerap minyak dan menjadi basah. Akibatnya, ayam kembali basah tertular dari kertas yang basah oleh minyak tadi.


No comments:

Post a Comment