Wednesday, July 16, 2014

Ketupat

[caption id="attachment_2481" align="alignnone" width="300"]ketupat ketupat[/caption]

Ketupat Lebaran


Bahan:
1 liter beras, cuci bersih
12 buah kulit ketupat ukuran sedang

Cara membuat:

  • Cuci beras sampai benar-benar bersih. (Jika kurang bersih, ketupat akan lembek dan cepat berbau). Tiriskan.

  • Isikan ke dalam selongsong ketupat sampai ⅔ bagian (banyaknya isi tergantung dari pulen tidaknya beras. Jika beras pulen, isikan ⅔ bagian. Jika kurang pulen, cukup ½ bagian saja).

  • Masukkan dalam panci. Tuangi air sampai terendam. Rebus sampai matang selama 2-3 jam. Tambahkan air mendidih jika air perebus mulai menyusut.

  • Angkat. Celupkan ke dalam air mendidih sebentar sehingga bagian luar ketupat benar-benar bersih. Gantungkan sampai tiris.


untuk 12 buah

Tip:
Pilih janur yang lebar dan panjangnya seragam. Keadaan fisik janur masih segar, tidak layu kecokelatan. Jika tidak segera dipakai, bungkus janur dengan serbet basah. Simpan dalam lemari es. Janur yang berwarna kehijauan dapat juga dipakai sebagai variasi anyaman.

Janur yang panjang dan lebar akan menghasilkan selongsong ketupat ukuran besar, sedangkan janur yang sempit dan pendek akan menghasilkan selongsong ukuran kecil.

Beras:
Baik beras pulen atau pera dapat digunakan untuk membuat ketupat. Cuci beras hingga benar-benar bersih. Jika tidak bersih, larutan tepung yang terbawa akan menyebabkan ketupat cepat basi.

Takaran pengisian untuk beras pulen ½ selongsong ketupat. Untuk beras pera cukup ⅓ bagian.

Beras harus tiris sebelum dimasukkan. Gunakan tangan untuk mengisi. Tarik salah satu ujung janur, isikan beras dari lubang yang terbuka.

Air:
Jumlah air harus cukup saat merebus ketupat. Atur ketupat dalam panci atau dandang. Usahakan jumlah ketupat dan wadah perebus sesuai. Tidak terllau longgar sehingga ketupat mengapung atau terlalu sempit sehingga ketupat berhimpitan.

Ketupat harus benar-benar terendam. Ketika air mulai menyusut, segera tambah dengan air mendidih.

Air ledeng di daerah tertentu dapat mengakibatkan ketupat kemerahan. Jika hal itu terjadi, rebus ketupat dengan air mineral.

Alat perebus:
Gunakan dandang atau panci yang terbuat dari aluminium atau stainless steel. Dandang tembaga kurang sesuai untuk membuat ketupat karena akan meninggalkan bekas kehijauan lengket pada ketupat.

Pemasakan:
Pada saat air perebus mendidih untuk pertama kalinya, beberapa ketupat akan terapung. Jika dibiarkan, ketupat akan matang setengah bagian saja. Karenanya, beri pemberat agar ketupat terendam seluruhnya.

Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk perebusan ketupat sampai benar-benar matang. Selama itu, selalu cek ketinggian air perebus.

Untuk melihat apakah ketupat sudah matang, cukup ambil salah satu lalu toreh sala satu sisinya. Jika tidak ada lagi nasi berbutir, itu artinya ketupat sudah matang.

Celup sebentar ketupat yang sudah matang alam air mendidih agar ketupat tahan lama disimpan.

No comments:

Post a Comment