Monday, July 14, 2014

Tomato

[caption id="attachment_4910" align="alignnone" width="300"]tomat tomat[/caption]

Tomat


Bagi penggemar tomat, rasa masakan kurang pas tanpa kehadiran tomat. Bagaimana tidak, cita rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam serta aroma yang tidak terllau tajam, menjadikannya mudah diolah menjadi aneka masakan, seperti sup tomat, tomat isi, atau tomato chutney, sejenis acar tomat khas India. Bisa juga diawetkan menjadi saus tomat atau pasta tomat. Yang tidak mau repot, bisa menikmati tomat segar sebagai lalap atau jus. Tomat mula-mula tumbuh liar dan ditemukan di celah-celah batu pegunungan di daerah Peru. Oleh bangsa Meksiko, tomat dibudidayakan dan mulai menyebar luas ke berbagai negara. Di setiap negara, tomat memiliki nama yang berbeda. Di Inggris disebut tomato, suku Aztec Indian menyebutnya xitomatle, sampai di Spanyol berubah menjadi timato, sementara orang Prancis menyebutnya pomme d'amour.

Di balik warnanya yang merah memesona, ternyata pada awal perkembangannya tomat dianggap tanaman beracun yang mematikan. Pada tahun 1820, dengan disaksikan banyak orang, Robert Gibson Johnson mencoba "bunuh diri" dengan melahap beberapa buah tomat. Tetapi ternyata ia tetap segar bugar. Sejak itulah orang mulai percaya bahwa tomat tidak beracun dan mulai digemari.
Kini, tomat segar maupun olahan banyak dijual di pasaran dan semakin digemari karena banyak mengandung vitamin, pigmen merah berupa lycopene dan antioksidan yang sangat membantu mengurangi risiko kanker.

Tomat segar bisa dilihat dari warnanya yang merah merona, tangkainya masih segar dan waktu dipegang terasa padat/kencang. Pada waktu membeli, hindari yang kulitnya memar, pecah-pecah, kasar, dan agak lembek.

Mengingat daya tahan tomat relatif tidak lama, pada saat tomat sedang melimpah dan murah, simpan tomat segar dan tomat yang sudah dikupas kulit dan dibuang bijinya dalam freezer. Atau dimanfaatkan untuk membuat beragam olahan tomat, misalnya saus tomat. Saus tomat buatan sendiri sudah pasti terjamin keaslian dan kualitasnya karena terbuat dari tomat pilihan yang benar-benar bagus.

Selalu tambahkan sejumput gula jika memasak tomat. Ini akan menambah rasa. Potongan tomat secara vertikal, akan lebih kuat. Memanggang tomat dan lada agar tidak berubah bentuknya, pangganglah pada panggangan kue muffin.
Untuk menguliti tomat dalam jumlah banyak, masukkan tomat-tomat tersebut ke dalam wadah berbentuk jaring yang sering digunakan penjual bawang merah, lalu cemplungkan kc dalam air mendidih selama satu menit. Kulit tomat akan mudah mengelupas.

No comments:

Post a Comment